Diskusi Tentang Permasalahan Kesehatan Warga Desa Naras Hilir

25/Oktober/2019

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu berprilaku hidup bersih, Kepala puskesmas Naras bersama dengan bidan Desa Naras Hilir mengadakan diskusi Bersama pimpinan Lembaga desa untuk memecahkan beberapa masalah mengenai kesehatan yang ada di Desa Naras Hilir. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung serba guna Desa Naras Hilir Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, yang hadir dalam diskusi yakni Kepala Puskesmas Naras, Bidan Desa Naras Hilir, Kepala Desa Naras Hilir, Ketua BPD, Anggota LPM, Kepala Dusun, Perangkat Desa dan Anggota Kader Posyandu. Jumat,(25/10/2019).

Kepala Desa Naras Hilir Mon Hendri dalam sabutannya mengatakan “kesadaran masyarakat untuk berprilaku bersih  harus ditingkatkan mengingat sekarang akan memasuki musim penghujan. Jika masyarakat tidak cepat mengatasi genangan air yang ditimbulkan oleh hujan maka penyakit akan cepat menyerang masyarakat seperti timbulnya jentik nyamuk pada air yang tergenang dan akhirnya menyebabkan penyakit DBD.

Bidan Desa Naras Hilir Wisberty, A.Md.Keb. mengatakan ” ada beberapa masalah kesehatan yang ditemukan di Desa Naras Hilir diantarannya:

  1. Masih ada masyarakat yang tidak punya jamban
  2. Masih ada anak dan balita yang tidak mau diimunisasi
  3. Pasangan usia subur yang memiliki resiko tinggi tidak mau ber KB
  4. Mengenai persoalan sampah

Dari persoalan diatas dapat diperoleh hasil mengenai masalah 15 KK tidak ada mempunyai jamban. Bidan desa naras hilir akan menerapkan pendekatan lebih efesien untuk menjaga hidup bersih serta masyarakat yang tidak mempunyai jamban akan dibicarakan pada tingkat kota. Sedangkan yang tidak mau ikut imunisasi ada 6 orang anak di Desa naras hilir disebabkan karena rasa malas orang tua yang bergerak ke posyandu dan larangan dari suami, ungkap Wisberty, A.Md.Keb. selaku Bidan Desa Naras Hilir. Jumat,(25/10/2019).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan