SEMANGAT PARA IBU-IBU DALAM PELATIHAN KELOMPOK TANI WANITA (KWT)

Gambar 1. Sekretaris Desa Naras Hilir Sedang Membuka Acara Pelatihan Kelompok Tani.Wanita (Foto: Riny)

Kegiatan dalam bentuk sharing ini dilaksanakan pada hari Selasa (30/07/2019) pukul 09.00 WIB bertempat di Gedung serba guna Desa Naras Hilir. Dalam acara ini dihadiri oleh Dua narasumber dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pariaman Utara. Yang hadir saat itu Sekretaris Desa Naras Hilir beserta warga Desa Naras Hilir.

Dalam sesi pertama, pemberian materi yang disampaikan oleh Ibu Lidia dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pariaman Utara berbicara tentang bagaimana cara menyiapkan media tanam beserta cara mencampurkan tanah untuk media tanam. Dimana media tanah itu terdiri dari pupuk kendang/kompos, sekam dan tanah dengan perbandingan yang berbeda sebab jika tanah saja yang diisi pada media tanam maka akar-akar halus pada tanamanĀ  tidak akan tumbuh dengan baik otomatis batang, daun dan bunga pada tanaman juga tidak berkembang dengan baik juga. Ujar Ibu Lidia, Selasa (30/07/2019).

Gambar 2. Ibu Lidia Dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pariaman Utara Sedang Memberikan Materi

Pada sesi kedua, pemberian materi yang disampaikan oleh Bapak Tajuzzaky Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pariaman Utara berbicara mengenai cara pembuatan pupuk organik. Dalam pembuatan tersebut terjadi sebuah fermentasi bahan organik mentah oleh mikroorganisme menjadi bahan organik siap pakai untuk tanaman serta organisme yang berperan adalah Lactobacillus sp., Streptomyces sp., Rhodopseudomonas sp., Actinomycetes sp., Yeast (Ragi), Jamur pengurai selulose, Selasa (30/07/2019).

Gambar 3. Bapak Tajuzzaky Dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pariaman Utara Sedang Memberikan Materi

Dalam tahap ini bagaimana narasumber memberikan pemahaman bukan hanya materi tapi diajak langsung kelapangan untuk memperatekkan secara langsung cara pembuatan pupuk organik. (Riny)

Gambar 4. Ibu-Ibu Memperaktekkan Langsung Kelapangan Didampingi Oleh Bapak Tajuzzaky Dari Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pariaman Utara.(Foto: Heru)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan